Batman Begins - Diagonal Resize 2
Selamat Datang di Blog Misfadillah

Sabtu, 14 Januari 2017

Pramuka


Pramuka Penegak


   Pramuka penegak adalah salah satu ektrakurikuler wajib yang berada disetiap sekolah tingkatan SMK,MA,SMA,maupun MAN. Supaya dikatakan pramuka penegak harus menjadi gudep (gugus depan) sekolah tersebut dan melewatinya dengan kemah yang dinamakan kemah PTA (Penerimaan Tamu Ambalan). Disini saya akan memberi informasi ataupun pengalaman menjadi pramuka penegak. Pramuka penegak mempunyai 2 tingkatan yaitu Bantara dan Laksana.
 1.Bantara
       Sebelum menjadi anggota bantara ada ujiannya tersendiri disaat perkemahan pelantikan bantara. Didalam kegiatan menjalankan tugasnya sebagai anggota bantara masih dibantu oleh seniornya yaitu laksana. Biasanya turba (turun bawah) ke SMP/MTS dan berbagi ilmu kepada anggota pramuka penggalang.
2.Laksana
      Sebelum menjadi anggota laksana harus menjadi anggota bantara terlebih dahulu dan setelah menjadi bantara pun ada ujiannya sehingga dikatakan laksana. Laksana membantu/membimbing juniornya yaitu bantara untuk menjalankan tugasnya. Seperti bantara laksana pun ikut turba (turun bawah) ke SMP/MTS dan berbagi ilmu kepada anggota pramuka penggalang.
Dibawah ini contoh pin yang digunakan pradana dan pradani (ketua pramuka) dalam setiap kegiatan pramuka


 
   Sebelum dimulainya kegiatan pramuka biasanya diadakan apel pembukaan latihan pramuka terlebih dahulu dan sesudahnya pun diadakan apel penutupan latihan pramuka. Disetiap pertemuan pasti ada materi yang diajarkan kepada adik kelas dan kali ini materi yang disampaikannya yaitu pendirian tenda. Pendirian tenda selalu dilakukan setiap perkemahan tiba dan tiap-tiap sangga (kelompok) mendirikan tenda dan saling bekerja sama supaya tenda berdiri dengan kokoh dan nyaman saat dibuat tidur. Perlengkapan untuk mendirikan tenda antara lain: tenda,bambu,tali, dan pasak. Setiap tenda mempunyai jenis yang berbeda sehingga jumlah yang digunakannya pun masing-masing menurut jenis tendanya. dibawah ini merupakan contoh mendirikan tenda.



*jika artikel ini bermanfaat mohon dishare :-)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

lagu

audio
Memasang audio di halaman web

Halaman

Iklan Tas

alt/text gambar

Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.