Batman Begins - Diagonal Resize 2
Selamat Datang di Blog Misfadillah

Jumat, 13 Januari 2017

Pabrik gula

PTP Nusantara IX (PERSERO)
Pabrik Gula Sragi 



   Pabrik gula Sragi adalah salah satu pabrik peninggalan sejak zaman Belanda dan berdiri sekitar tahun 1928. Pabrik terletak dikota Pekalongan lebih tepatnya dijalan raya Sragi No.38 Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan,Provinsi jawa Tengah 35597. Pabrik yang sudah berdiri sejak 87 tahun yang lalu sebagai pembuatan gula sampai sekarang pun masih digunakannya. Sebelum menjadinya gula ada prosesnya,berikut adalah pemprosesan gula sebagai berikut:
  1. Petani menanam tebunya terlebih dahulu
  2. Panen tebu yang sudah siap dipanen dan dibawah kepabrik
  3. Tebu digiling menggunakan mesin dan diproses agar menjadi gula
  4. Gula dimasukan kedalam karung dan dijual ke tokoh-tokoh yang sudah memesannya
Tahukah anda ???
Dipabrik ini mempunyai tradisi yaitu pernikahan pengatin tepung. Pernikahan yang bernama Abdul Jhalil & Khotijah tersebut merupakan salah satu dari rangkaian acara Pesta Giling.  Pengantin yang terbuat dari tepung lalu digiling adalah sebuah tradisi tahunan yang diselenggarakan di Sragi,Pekalongan,Jawa Tengah. Pesta tersebut dibuat untuk memperingati masuknya musim produksi pada pabrik tersebut yang berada di Pekalongan atau biasa disebut Kota Batik.


   Peninggalan sejak zaman Belanda masih berdiri kokoh walaupun sedikit rusak dan salah satunya peninggalannya adalah sebuah rumah yang berada disekitar pabrik tersebut. Rumah yang usianya cukup tua sampai sekarang pun masih digunakan untuk tempat tinggal masyarakat sekitar. Berikut adalah contoh salah satu rumah yang berada berada disekitar Pabrik gula Sragi.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

lagu

audio
Memasang audio di halaman web

Halaman

Iklan Tas

alt/text gambar

Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.